Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download ATP IPAS Fase A, Fase B, Fase C / SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6


Salam dan bahagia pembaca. Sahabat Liputanmu, pada kesempatan kali ini Admin ingin membagikan informasi tentang Download ATP IPAS Fase A, Fase B, Fase C / SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6.

Pada artikel ini akan berbagi ATP IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) Fase A, Fase B dan Fase C untuk jenjang Sekolah Dasar dari tingkat kelas 1-6. Alur Tujuan Pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial)  SD ini maki susun berdasarkan CP dari laman resmi Kurikulum Kemdikbud.

ATP IPAS Fase A, Fase B, Fase C / SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6

ATP / Alur Tujuan Pembelajaran

ATP / Alur Tujuan Pembelajaran adalah istilah baru dalam kurikulum merdeka yang memiliki fungsi yang sama dengan silabus pada kurikulum sebelumnya, namun ATP ini pendidik dapat menyusunnya dengan formatnya sendiri selama memenuhi keriteia yang telah di tentukan  Pendidik dalam Menyusun ATP perlu menganalisi CP terlebih dahulu kemudian merumuskan TP / tujuan Pembelajaran selanjutnya Menyusun ATP setiap Fase

Capaian Pembelajaran (CP)

Capaian Pembelajaran (CP) adalah kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik pada setiap fase pendidikan, mulai dari fase fondasi di PAUD hingga pendidikan tinggi dan pendidikan profesional. CP menggambarkan tujuan umum yang ingin dicapai dan ketersediaan waktu yang tersedia untuk mencapainya. 

Setiap fase berlangsung selama 1-3 tahun, tergantung pada tingkat pendidikan. CP memberikan landasan yang kokoh dan mengembangkan kemampuan peserta didik seiring dengan perkembangan mereka. Peserta didik secara bertahap meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan pengetahuan mereka dalam berbagai mata pelajaran serta mengembangkan keterampilan sosial dan berpikir kritis. CP membantu peserta didik dan pendidik dalam merencanakan pembelajaran yang tepat, memantau kemajuan, dan menyediakan dukungan agar peserta didik mencapai kompetensi yang diharapkan pada setiap fase pendidikan.

CP Telah disediakan oleh pemerintah pusat yang tertuang dalam Keputusan Kepala Badan Standar kurikulum dan asesmen Pendidikan kemdikbudristek Nomor 033/H/KR/2022 atau telah tersedia dalam laman resmi Kurikulum Kemdikbud

Merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP)

Dalam tahap merumuskan tujuan pembelajaran, pendidik menggunakan kata-kunci yang telah dikumpulkannya untuk mengolah ide-ide tentang apa yang harus dipelajari peserta didik dalam suatu fase. Tujuan pembelajaran ini perlu dicapai oleh peserta didik dalam satu atau lebih jam pelajaran, hingga akhirnya mencapai CP pada penghujung fase. Pendidik mengembangkan beberapa tujuan pembelajaran yang lebih operasional dan konkret, tanpa mengurutkannya secara rinci. Tujuan pembelajaran sebaiknya memuat dua komponen utama, yaitu kompetensi yang harus ditunjukkan oleh peserta didik dan lingkup materi yang perlu dipahami. Pendidik dapat menggunakan pertanyaan panduan untuk mengidentifikasi kemampuan yang perlu ditunjukkan oleh peserta didik serta konten dan konsep utama yang harus dipelajari dalam satu unit pembelajaran.

Dalam merumuskan tujuan pembelajaran, pendidik mengolah ide-ide yang telah dikumpulkan sebelumnya dan menggunakan kata-kunci yang relevan. Tujuan tersebut harus mencakup kompetensi yang harus ditunjukkan oleh peserta didik dan lingkup materi yang perlu dipahami. Pertanyaan panduan dapat membantu pendidik dalam mengidentifikasi kemampuan yang harus ditunjukkan dan konten utama yang harus dipelajari dalam satu unit pembelajaran. Pada tahap ini, tujuan pembelajaran yang lebih operasional dan konkret dirancang, sementara urutan tujuan pembelajaran akan disusun pada tahap berikutnya.

Ada dua komponen utama dalam merumuskan tujuan pembelajaran (TP):

  1. Kompetensi: Komponen pertama adalah kompetensi yang ingin dicapai oleh peserta didik. Kompetensi ini mengacu pada kemampuan atau keterampilan yang perlu ditunjukkan atau didemonstrasikan oleh peserta didik pada akhir pembelajaran. Tujuan pembelajaran harus menggambarkan dengan jelas kompetensi yang diharapkan. Contoh kompetensi yang spesifik dapat mencakup kemampuan memecahkan masalah, keterampilan berkomunikasi secara efektif, kemampuan berpikir kritis, atau keterampilan kolaborasi dalam tim.
  2. Lingkup materi: Komponen kedua adalah lingkup materi yang harus dipahami oleh peserta didik. Lingkup materi ini mencakup konten dan konsep utama yang perlu dipelajari dalam satu unit atau topik pembelajaran. Tujuan pembelajaran harus mencakup hal-hal apa saja yang perlu dipelajari oleh peserta didik. Misalnya, dalam mata pelajaran sains, tujuan pembelajaran dapat mencakup pemahaman tentang hukum gerak, konsep kimia, atau proses ekosistem. Lingkup materi harus relevan dengan kompetensi yang ingin dicapai dan sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran

Setelah merumuskan tujuan pembelajaran, langkah berikutnya adalah menyusun alur tujuan pembelajaran. Alur tujuan pembelajaran berfungsi sebagai panduan perencanaan dan pengaturan pembelajaran secara garis besar untuk jangka waktu satu tahun. Pendidik dapat menggunakan alur tujuan pembelajaran yang dirancang sendiri berdasarkan CP, mengembangkan dan memodifikasi contoh yang disediakan, atau menggunakan contoh yang disediakan pemerintah.

Dalam menyusun alur tujuan pembelajaran, tujuan pembelajaran yang telah dikembangkan sebelumnya disusun secara sistematis dan logis dari awal hingga akhir fase. Alur tujuan pembelajaran harus disusun secara linier, satu arah, dan tidak bercabang, sejalan dengan urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari.

Beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam penyusunan alur tujuan pembelajaran adalah: tujuan pembelajaran adalah tujuan yang lebih umum, alur tujuan pembelajaran harus tuntas satu fase, perlu kolaborasi dalam pengembangan alur tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik dan kompetensi mata pelajaran, penyusunan alur tujuan pembelajaran harus logis dari yang sederhana ke yang lebih rumit, dan alur tujuan pembelajaran fokus pada pencapaian CP.

Penting untuk diingat bahwa alur tujuan pembelajaran tidak perlu mencakup lintas fase kecuali pendidikan khusus, dan tidak perlu dilengkapi dengan pendekatan/strategi pembelajaran secara detail. Alur tujuan pembelajaran bertujuan untuk memberikan panduan umum dalam mencapai CP, dan variasi atau penyesuaian alur tujuan pembelajaran dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan dan keputusan penyusun.

ATP IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) Fase A

secara umum Tujuan Pembelajaran / TP dari mata pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) pada pase A untuk kelas 1 dan 2 dapat dirumuskan sebagai berikut :

  1. Mengidentifikasi dan mengajukan pertanyaan tentang diri, lingkungan rumah, dan sekolah serta mengidentifikasi permasalahan sederhana sehari-hari.
  2. Mengoptimalkan penggunaan pancaindra untuk melakukan pengamatan dan bertanya tentang makhluk hidup dan perubahan benda.
  3. Mengenal anggota tubuh manusia, menjelaskan fungsinya, dan cara merawatnya dengan benar.
  4. Membedakan antara hewan dan tumbuhan berdasarkan bentuk dan ciri-ciri umumnya.
  5. Memahami konsep waktu (pagi-siang-sore-malam), nama-nama hari, nama bulan, dan kondisi cuaca dalam keterkaitannya dengan aktivitas sehari-hari.
  6. Mendeskripsikan identitas diri (ciri-ciri fisik, kegemaran) dan orang-orang di sekitarnya (keluarga, teman, dan tetangga) serta menerima perbedaan yang ada pada manusia.
  7. Mendeskripsikan silsilah keluarga, peran serta tanggung jawab sebagai anggota keluarga/kelompok/sekolah.
  8. Mendeskripsikan benda di lingkungan sekitar sebagai bagian dari lingkungan alami dan buatan, menggambarkan kondisi lingkungan rumah dan sekolah dalam bentuk gambar/denah sederhana.
  9. Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat, mencerminkan perilaku hidup sehat, dan menjaga kebersihan lingkungan rumah dan sekolah.

ATP IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) Fase B

secara umum Tujuan Pembelajaran / TP dari mata pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) pada pase B untuk kelas 3 dan 4 dapat dirumuskan sebagai berikut :

IPA FASE B

  1. Menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra).
  2. Mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.
  3. Mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Mengidentifikasi sumber dan bentuk energi serta menjelaskan proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari (contoh: energi kalor, listrik, bunyi, cahaya).
  5. Memanfaatkan gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari, mendemonstrasikan berbagai jenis gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda.
  6. Mendeskripsikan terjadinya siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air.

IPS FASE B

  1. Menjelaskan tugas, peran, dan tanggung jawab sebagai warga sekolah serta mendeskripsikan interaksi sosial di sekitar tempat tinggal dan sekolah.
  2. Mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat.
  3. Menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggal pada peta konvensional/digital.
  4. Mendeskripsikan keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, dan upaya pelestariannya.
  5. Mengenal keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah (tokoh dan periodisasinya) di provinsi tempat tinggal serta menghubungkan dengan konteks kehidupan saat ini.
  6. Membedakan antara kebutuhan dan keinginan, mengenal nilai mata uang, dan mendemonstrasikan penggunaan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

ATP IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial)  Fase C

secara umum Tujuan Pembelajaran / TP dari mata pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial)  pada pase C untuk kelas 5 dan 6 dapat dirumuskan sebagai berikut :

IPA FASE C

  1. Melakukan simulasi tentang sistem organ tubuh manusia (sistem pernafasan/pencernaan/peredaran darah) yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan organ tubuh dengan benar.
  2. Menyelidiki hubungan saling ketergantungan antara komponen biotik-abiotik dan pengaruhnya terhadap kestabilan ekosistem di lingkungan sekitar.
  3. Demonstrasi penerapan konsep gelombang (bunyi dan cahaya) dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Mendeskripsikan ancaman krisis energi dan mengusulkan upaya individu maupun kolektif untuk menghemat penggunaan energi dan mencari sumber energi alternatif menggunakan sumber daya di sekitarnya.
  5. Demonstrasi sistem tata surya dan hubungannya dengan gerak rotasi dan revolusi bumi.
  6. Merefleksikan perubahan kondisi alam di permukaan bumi akibat faktor alam dan perbuatan manusia.

IPS FASE C

  1. Mengidentifikasi pola hidup yang menyebabkan permasalahan lingkungan dan memprediksi dampaknya terhadap kondisi sosial kemasyarakatan dan ekonomi.
  2. Menggunakan peta konvensional/digital untuk mengenal letak dan kondisi geografis negara Indonesia. Mengenal keragaman budaya nasional dalam konteks kebhinekaan.
  3. Menceritakan perjuangan bangsa Indonesia melawan imperialisme, merefleksikan perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan, dan meneladani perjuangan pahlawan dalam tindakan nyata sehari-hari.
  4. Mengenal kegiatan ekonomi masyarakat dan ekonomi kreatif di lingkungan sekitar.
  5. Melakukan tindakan atau pengambilan keputusan berdasarkan pemahaman terhadap kearifan lokal yang berlaku di wilayahnya serta nilai-nilai ilmiah dari kearifan lokal tersebut.


Download ATP IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) Fase A, Fase B, Fase C jenjang SD kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Berikut ini kami bagikan file ATP IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) Fase A, Fase B, Fase C dalam satu File ms.word yang dapat digunakan sebagai contoh ATP Bahas Inggris SD. Klik tomobl Download di bawah ini 

Terima kasih sudah berkunjung ke Web LiputanmuApabila artikel ini bermanfaat Download ATP IPAS Fase A, Fase B, Fase C / SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.