Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memasuki Tahun Ajaran Baru SDIT Muhammadiyah Bireuen Siapkan 4 Kelas Digital Full Wifi

Memasuki Tahun Ajaran Baru SDIT Muhammadiyah Bireuen Siapkan 4 Kelas Digital Full Wifi


Bireuen 7 Juli 2023 - Memasuki Tahun Ajaran baru Juli tahun 2023 SDIT Muhammadiyah kembali membuka 4 kelas digital. Sebelumnya Kepala SDIT Muhammadiyah Bireuen sudah 2 kali membuat sosialisasi untuk kelas 1, 2,3 dan 5. ust Rizki Dasilva kepada Liputanmu Menyampaikan "Sekolah sudah melaksanakan 2 kali sosiualisasi kelas digital untuk wali siswa saat ini tinggal seleksi buat siswa yang layak memasuki kelas digital.

Seperti yang kita ketahui bahwa Untuk saat ini kelas digital lengkap dengan Fasilitas Full Internet dan Perangkat lain masih 2 kelas. yaitu kelas 1 dan 4. Kepala Sekolah SDIT Muhammadiyah Bireuen juga  menyampaikan "Orangtua berhak memilih, mau kelas digital atau kelas reguler biasa"

Program digital dengan penggunaan aplikasi edumu milik dikdasmen PP Muhammadiyah sudah di launching sejak 2022. SDIT Muhammadiyah Bireuen ini akan menjadi sekolah pertama di aceh menerapkan basis digital. Dengan menggunakan aplikasi Edumu. Sesuai dengan jargonnya SDIT Muhammadiyah Bireuen! Sekolah Tahfiz! Berbasis Digital!.

"Kita akan segera menerapkan pembelajaran digital di sekolah. Banyak manfaat yang didapatkan siswa. Sudah saatnya pendidikan kita sesuaikan dengan perkembangan jaman saat ini, Kami perlu dukungan dan persetujuan orangtua, kita sosialisasi kembali dalam waktu dekat ini. Untuk tahun ini, kami prioritaskan kelas 2,3, 5 dan 6 ". Ungkap Kepala Sekolah Berprestasi Kabupaten Bireuen ini.

Saat ini di SDIT Muhammadiyah Bireuen mulai tahun ini akan ada kelas reguler dan kelas Digital. 

Rizki dasilva juga menyampaikan akan ada beberapa tahap pelaksanaan sekolah digital 

Tahap 1 : Setelah mengisi angket, dan bagi wali siswa yang setuju kelas digital. 

Tahap 2. Pelaksanaan seleksi  bagi siswa kesiapan untuk memasuki kelas digital.

Tahap 3. Tahun ajaran baru 2023/2024 siswa akan dimasukkan ke kelas digital bagi yang lulus seleksi. Dan aplikasi  Edumu akan segera digunakan dan sistem pembelajaran.

Seperti diketahui, SDIT Muhammdiyah Bireuen merupakan sekolah digital pertama di Aceh yang didukung oleh aplikasi Edumu produk langsung Majelis Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Ustazah maulina S.Pd menyampaikan kepada Sekolahmuhammadiyah.com “Untuk tahap awal sekolah akan memilih 2 kelas. Untuk selanjutnya akan ditambah lagi untuk tahun ajaran baru ini, “ucap wakil kepala sekolah. kurikulum Ustazah maulina S.Pd.

Keuntungan Menggunakan Tablet di Kelas

Tablet adalah pilihan tepat bagi siswa yang lebih muda antara usia 4-12 tahun untuk terlibat dalam pembelajaran kolaboratif dan interaktif.

Mobilitas dan daya tahan. Tablet adalah faktor bentuk yang fleksibel dan tahan lama yang menawarkan kepada siswa kemampuan untuk belajar di lingkungan apa pun dan mendukung pengembangan dan kolaborasi individu selama kegiatan kelompok.

Interaksi dengan layar sentuh dan stylus. Antarmuka berbasis sentuh mendukung rasa ingin tahu dan eksplorasi materi melalui interaksi langsung, serta kegiatan pengumpulan dan penyajian data. Pelajaran berbasis sentuhan yang menarik juga dapat membantu siswa yang lebih muda mempelajari materi pelajaran sambil mengembangkan keterampilan motorik. Dengan tambahan stylus, siswa dapat berlatih menulis tangan, menggambar, membuat sketsa, atau catatan tulisan tangan.

Daya tahan baterai yang tahan lama. Tablet dan 2-in-1 yang dilengkapi baterai tahan lama membuat perangkat ini dapat digunakan untuk aktivitas kelas dan belajar seharian tanpa perlu mengisi ulang.

Memperkenalkan teknologi sebagai alat pembelajaran. Keakraban dan kemahiran dengan teknologi sangat penting dalam lingkungan digital saat ini dan untuk mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk pekerjaan di masa depan. Tablet memberikan pengantar untuk teknologi yang dapat didekati yang dapat dikembangkan siswa seiring kemajuan mereka di sekolah. (Mao)