Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SM Tower and Convention: Gerakan Nyata Dakwah Amar Makruf Nahi Mungkar

SM Tower and Convention: Gerakan Nyata Dakwah Amar Makruf Nahi Mungkar


SM Tower and Convention: Gerakan Nyata Dakwah Amar Makruf Nahi Mungkar

SM Tower and Convention adalah salah satu lini bisnis Suara Muhammadiyah yang bergerak di bidang perhotelan dan pariwisata. Hotel ini merupakan hotel pertama yang dibangun oleh Muhammadiyah di Kota Yogyakarta, sebagai pusat gerakan dakwah amar makruf nahi mungkar.

Hotel ini resmi dibuka pada tanggal 24 Juni 2023 oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir. Dalam sambutannya, Haedar Nashir mengatakan bahwa SM Tower and Convention adalah lahan pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

"SM Tower and Convention bukan hanya tempat menginap dan mengadakan acara, tetapi juga tempat belajar dan berbagi ilmu. Di sini kita bisa mengadakan seminar, workshop, pelatihan, dan berbagai kegiatan edukatif lainnya yang sesuai dengan nilai-nilai Islam dan Muhammadiyah," ujar Haedar Nashir.

Selain itu, Haedar Nashir juga menekankan bahwa SM Tower and Convention adalah bagian dari upaya Muhammadiyah untuk mengembangkan ekonomi syariah yang berkeadilan dan berkah. Hotel ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi hotel-hotel lainnya dalam menerapkan prinsip-prinsip halal, bersih, dan ramah lingkungan.

"SM Tower and Convention adalah hotel yang memiliki brand Living Muslim Hotel. Artinya, hotel ini tidak hanya melayani tamu-tamu muslim, tetapi juga menampilkan nilai-nilai kehidupan muslim yang universal, seperti kejujuran, keramahan, toleransi, dan kesejahteraan," tutur Haedar Nashir.

SM Tower and Convention memiliki delapan lantai dengan 60 kamar yang terdiri dari tiga tipe, yaitu bisnis, deluxe, dan suites. Setiap kamar dilengkapi dengan fasilitas modern dan ornamen khas Suara Muhammadiyah. Selain itu, hotel ini juga memiliki ruang ballroom bernama SMTORIUM yang dapat menampung 300 orang, tiga ruang rapat yang diberi nama tokoh-tokoh Muhammadiyah dan Suara Muhammadiyah, yaitu Darwis, H Fachrodin, dan Buya A Syafii Maarif, serta restoran Kemadjoean yang menyajikan hidangan khas Indonesia.

Salah satu daya tarik SM Tower and Convention adalah rooftop dan SoewaraMoe Café & Lounge di lantai delapan. Di sini, pengunjung dapat menikmati pemandangan Kota Yogyakarta dari berbagai sudut. Di sisi utara terlihat Gunung Merapi yang gagah, di sisi selatan terlihat Masjid Gedhe Kauman yang megah, di sisi barat dan timur terlihat lanskap kota yang hidup.

SM Tower and Convention tidak hanya berhenti di Yogyakarta. Menurut Direktur PT Syarikat Cahaya Media (SCM)/Suara Muhammadiyah Deni Asy’ari, MA Dt Marajo, hotel ini akan dikembangkan di berbagai daerah potensial di Indonesia. Salah satunya adalah Cipanas yang bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Jakarta.

"Kami ingin membangun jaringan hotel SM Tower and Convention di seluruh Indonesia sebagai kekuatan jamaah dan umat. Kami ingin menciptakan sebuah ekosistem baru di bidang ekonomi syariah yang dapat meningkatkan peredaran dan perputaran uang di kalangan umat," kata Deni Asy’ari.

SM Tower and Convention adalah bukti nyata bahwa Muhammadiyah tidak hanya berkutat pada urusan sosial dan pendidikan, tetapi juga mampu berkontribusi dalam bidang ekonomi dan pariwisata. Hotel ini adalah kado istimewa bagi Muhammadiyah yang merayakan milad ke-114 tahun ini. Hotel ini juga adalah kenang-kenangan bagi Suara Muhammadiyah yang berusia 108 tahun.

SM Tower and Convention adalah hotel yang tidak hanya menawarkan kenyamanan dan kemewahan, tetapi juga nilai-nilai dan makna. Hotel ini adalah hotel yang mengajak tamu-tamunya untuk hidup sebagai muslim yang beriman, berilmu, dan bermartabat.